rain wamil

Rain wamil
SEOUL – Bisa jadi banyak perempuan di Korea, Tiongkok, Jepang, dan juga Indonesia yang berdoa agar tentara Korea Selatan tak terlibat perang apa pun. Setidaknya dalam dua tahun ke depan. Sebab, bintang pop terkenal asal Negeri Ginseng Rain resmi masuk wajib militer (wamil) Korea selama 21 bulan sejak kemarin.
“Terima kasih telah mencintai saya selama sepuluh tahun terakhir,” kata bintang yang bernama asli Jung Ji-hoon kepada 1.000 fans yang memadati lapangan depan pusat pelatihan militer di Uijeongbu, Seoul, dikutip dari Reuters.

Rambut Rain terlihat cepak. Pria yang terkenal lewat serial laris Full House itu terlihat terharu atas perhatian para fansnya. Selain kehadiran seribu fans, terlihat begitu banyak banner bertulisan pesan yang berusaha membesarkan dan menghibur hati pria kelahiran 25 Juni 1982 itu.
Perasaan yang sama dirasakan penggemar yang datang dari Jepang, Taiwan, Tiongkok, dan sejumlah negara Asia lain untuk secara khusus melepas Rain. Para fans itu kontan menangis ketika penyanyi yang juga bintang film tersebut masuk dan menghilang ke dalam kamp. “Sangat sedih harus melihatnya menghilang selama dua tahun,” kata Sachiko, fans asal Jepang, dikutip dari kantor berita Yonhap.

Sachiko tiba di Seoul pekan lalu. Dia melihat konser perpisahan Rain pada Minggu (9/10). Sachiko tak langsung balik ke Jepang karena memang ingin mengantar Rain. Seperti yang lain, Sachiko langsung terisak-isak melihat Rain bicara.

“Terima kasih atas perhatiannya. Saya pasti kembali,” kata Rain yang masuk daftar 100 Most Influential People Who Shape Our World versi majalah People pada 2006 itu.

Wajib militer di Korsel terkadang memantik kontroversi. Setelah Perang Korea pada 1950?1953, Korsel mewajibkan semua warga pria yang sehat untuk ikut wajib militer. Sebab, secara teknis, Korea Selatan dan Utara masih terlibat perang.

Memang ada sejumlah perkecualian. Terutama untuk atlet yang mempunyai karir bagus. Atlet yang meraih medali emas Olimpiade bisa mendapat perkecualian lolos wamil. Beda halnya dengan para entertainer. Setenar apa pun mereka di dalam atau luar negeri, pemerintah tak akan menoleransi.
Bagi para entertainer, masuk wamil selama dua tahun memang dilematik. Sebab, praktis selama itu mereka tak bisa beraktivitas seni. Mereka khawatir, bila terlalu lama menghilang, wajah-wajah baru akan menggantikan mereka. Itu berarti mata penghidupan mereka tamat.
Pada 2004 aktor drama populer Song Seung-heon berupaya menghindar dari kewajiban militer. Dia langsung dikecam dan akhirnya menjalani wamil. Sejumlah aktor top pun pernah melakukan skandal kamuflase form wamil agar lolos dari kewajiban itu. Namun, hal tersebut malah menyulitkan posisi para bintang itu.

Di sisi lain, kolumnis budaya pop Ha Jae-keun menyatakan, para artis sebetulnya tak perlu khawatir menjalani wamil karena itu bisa meningkatkan popularitas mereka. Zo In-sung, So Ji-sub, dan Won Bin membuktikan itu. “Jadi, Rain tak perlu khawatir menjadi tak populer dan tak dipakai lagi,” katanya. (c13/ayi)

Referensi

http://www.jpnn.com/read/2011/10/12/105386/Rain-Wamil,-Ribuan-Penggemar-Menangis-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s